Salam Message

Dunia itu Berwarna.....

Ah,, sudah lama rasanya saya tidak menulis.  Sudah lama sebenarnya saya ingin menulis, tapi belum sempat buka-buka blog lagi..  
*Sok sibuk gitu dech....hehe :p
Tapi, alhamdulillah akhirnya hari ini saya bisa nulis lagi...

Bismillah......
Kali ini saya ingin bercerita pengalaman saya selama 4 minggu di bagian anak.
Dari  awal saya masuk program profesi dokter, saya selalu mendengar cerita-cerita "miring"  tentang bagian yang satu ini. Di ceritain ini lah, itulah....... macam-macam.  Sampai saya percaya dengan cerita-cerita itu.

Tapi, dari  semua cerita-cerita itu, ada juga yang bilang biasa ja lah....
Sama saja seperti bagian yang lainnya, tak usah khawatir berlebihan....

Dari dulu, saya selalu berprinsip bahwa saya tidak akan percaya begitu saja dengan cerita orang, sebelum saya mengalaminya sendiri....

Dan kali ini,  walaupun saya baru menjalani 4 minggu dibagian ini, saya tidak pernah merasakan apa yang sering orang ceritakan. Bagi saya,  stase dibagian ini sangat menarik,  banyak ilmu yang bisa kita pelajari. 

Saya belajar banyak hal dari banyak orang di bagian ini,, tidak hanya bagaimana menangani pasien, tapi banyak hal lain yang saya pelajari...  Bagaimana saya harus bisa banyak bersabar dalam menghadapi pasien anak atau bayi, bagaimana bisa sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan orang tua anak yang sakit, bagaimana bisa menjelaskan kepada orang tua yang sedang khawatir tentang kesehatan anaknya, dan banyak lagi yang lainnya......

Basically... Memang dari dulu saya berkeinginan untuk menjadi seorang dokter spesialis anak.....

Dan ketika saya masuk bagian ini, saya senang.....
Dan kesenangan saya bertambah ketika saya lebih dahulu masuk sub bagian Perinatologi.....
Awalnya saya memang "takut".... 
Bukan takut melihat kelahiran seorang bayi, ataupun menangani bayi yang baru lahir,,,, tapi saya justru takut dengan "seseorang" yang ada disana...
hehe..... :D
Takut karena menurut cerita, beliau terkenal "galak", takut karena hari pertama kami sudah mendapat teguran beliau tapi itu karena kesalahan kami sendiri... hehe... pokoknya kesan pertama bertemu beliau sangat menakutkan...... :p
Tapi,, semakin saya jalani stase di Peri semakin saya menikmati stase di bagian ini...
Semakin sering kami berinteraksi dengan beliau,, semakin kenal lah kami dengan beliau. Beliau yang baik, yang selalu mengajari kami saat kami bertanya dan tak ragu menegur kami jika kami melakukan kesalahan....
Buat saya, Beliau adalah guru yang baik.......
Saya teringat kata-kata beliau pada saat hari terakhir kami stase di Sub Bagian Perinatologi..... 
"Dek, Saya tahu kalian menganggap saya galak, tak apalah... jika dengan seperti itu kalian jadi mau belajar disini. Saya tidak mau kalian hanya numpang lewat saja stase disini. saya ingin kalian bisa menangani hal-hal yang memang menjadi kompetensi dokter umum. Jangan sampai hal-hal yang harusnya bisa diitangani oleh dokter umum, jadi harus dirujuk ke dokter anak karena kalian tidak belajar dengan baik. Bagi saya, sebagi seorang dokter anak mungkin akan menguntungkan secara materi,, tapi sebagai guru kalian, saya tidak ingin kalian seperti itu"

Mendengar kata-kata itu, saya tersadar.. betapa sayangnya beliau terhadap kami,  walaupun kesan murid-muridnya tidak baik terhadap beliau, beliau rela asalkan anak didiknya bisa belajar dengan baik.....

Ah....setiap orang memang punya cara tersendiri untuk mengajarkan sesuatu....
Janganlah menilai sesuatu hanya dari luarnya saja.......
Ambilah hikmah dari setaip apa yang terjadi...
Jadikanlah bahan pembelajaran bagi kita.... 
Karena dengan begitu, kita tak akan pernah merasa kesal ataupun benci....
Karena dengan begitu, hati kita tak usah bersusah payah menahan emosi...
Karena dengan begitu, Kita akan menjadi senang untuk melakukan segala tugas.... Tak ada rasa berat ataupunmalas........
Setiap orang itu berbeda....
Dunia ini berwarna....
Karena kalau tidak begitu, Dunia ini akan hampa, sepi dan hambar......





1 Response
  1. adaibrahim Says:

    deti, nice entry...aku link ke blog aku ya..thanks..=)


Doa

Ya Allah,Terangilah Hati Kami agar semua Kesombongan dibersihkan dan digantikan dengan Cahaya dan Kasih Sayang-Mu

Mengenai Saya

My photo
Seorang plegmatis melankolis yang berusaha untuk menjadi baik dan lebih baik

Search This Blog